Waktu adalah sumber daya yang tidak dapat di perbarui, tapi
pernahkah kita menghitung, berapa banyak waktu
di hambur-hamburkan dalam hidup kita? Hal apa yang kita lakukan ketika
waktu luang? Pengguanaan waktu luang yang efektif haruslah sesuai dengan
nilai-nilai kehidupan kita, tujuan hidup yang sudah ditetapkan, dan kegiatan
spesifik apa yang bisa mendukungnya.
Jadi pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan nilai
kehidupan kita, untuk keluarga-kah, karir, penampilan, spiritual, atau apa. Dan
nilai-nilai itulah yang akan menjadi identitas kita sebagai manusia.
Selanjutnya tujuan apa yang akan di capai dalam hidup dalam waktu dekat,
menengah dan jangka panjang. Yang penting apapun tujuan yang sudah ditetapkan,
tidak bertolak belakang dengan nilai-nilai kehidupan kita. Seseorang yang
menetapkan nilai kehidupan sebagai Abdi Negara, tentu tujuan hidupnya pasti
sejalan dengan itu.
Sekarang, setelah tujuan sudah dipilih cobalah pikirkan,
kegiatan di waktu luang apa yang akan kita lakukan untuk mencapai tujuan
tersebut. Haruslah yang bisa membantu kita untuk mencapai tujuan tersebut.
Setelah kita mengenali kegiatan apa saja yang akan dilakukan, tantangannya
adalah menerapkan teori yag optimistis ini dalam kehidupan nyata. Saran-saran
berikut mungkin bisa membantu.
1.
Buatlah Daftar Tugas Harian. Susunlah
tugas-tugas secara berurutan . tandai yang patut di beri lebih banyak waktu,
conteng yang sudah selesai. Pindahkan tugas yang belum selesai ke daftar tugas
besok.
2.
Sinkronkan Kalender. Jangan sampai melupakan
janji gara-gara kita mencatatnya di kalender satunya lagi. Terutama bagi yang
memiliki banyak gadget, pastikan janji yang sudah di catat di gadget yang satu
harus ada juga di gadget kita yang lain, hal ini dilakukan untuk jaga-jaga
tertinggal.
3.
Tuliskan Rencana Kerja. Yang mencakup langkah
yang diperlukan untuk mengerjakan suatu proyek, dan susunlah dengan urutan yang
benar.
4.
Umumnya, Dahulukan Tugas Yang Penting. Karena
akan lebih mudah mencari waktu untuk
hal-hal yang kurang penting.
5.
Tetapkan Tujuan Yang Mudah di Kendalikan. Yang
paling penting realistis.
6.
Harus Diakui Bahwa Mustahil Punya Waktu Untuk
Segalanya. Utamakan kegiatan yang membuahkan hasil terpenting. Sedangkan tugas
yang mendesak atau sekedar harus di lakukan, kalau kita tidak bisa
menghapusnya, maka delegasikan tugas itu. Alokasikan sebanyak mungkin waktu
untuk kegiatan yang benar-benar bermanfaat untuk tujuan yang sudah ditetapkan.
7.
Buatlah Jurnal Waktu. Tujuannya untuk mengetahui
kemana saja waktu kita. Singkirkan kegiatan yang tanpa di sadari memboroskan
waktu.
8.
Buatlah Jadwal Yang Tidak Terlalu Padat. Jika
kita membuat jadwal belanja makanan, memasak, memperbaiki mobil, mengundang
tamu, dan menonton film dalam satu hari, dan kita merasa dikejar-kejar, sudah
pasti kita tidak dapat menikmati apa-apa.
9.
Kurangi Gangguan.Tandai waktu yang tidak boleh
diganggu, kalau bisa matikan telepon dan perangkat elektronik yang lain.
10.
Jadwalkan Pekerjaan Tersulit Pada Jam-Jam Yang
Paling Energik dan Tanggap.
11.
Lakukan Tugas Yang Tidak Menyenangkan Sesegera
Mungkin. Karena ketika tugas itu beres, kita akan lebih bersemangat mengerjakan
tugas yang lain.
12.
Sisihkan Waktu Untuk Hal Yang Tidak Terduga.
Kalau kita yakin akan menghadiri janji dalam 15 menit, tambahkanlah menjadi 25
menit. Dalam satu hari, jadwakan waktu kosong.
13.
Manfaatkan Waktu Transisi. Dengarkan berita atau
music sembari bercukur. Membaca pada saat menunggu.
14.
Tetapkan Aturan 80/20. Apakah sekitar 2 dari 10
daftar tugas kita merupakan yang paling penting? Bisakah pekerjaan di anggap
selesai ketika hanya menyelesaikan aspek-aspek yang paling penting saja
15.
Jika Merasa Kewalahan, tuliskan setiap tugas di
lembaran kecil, lalu di bagi dua kelompok, hari ini, dan besok. Lakukan hal
yang sama esok hari.
16.
Secara Berkala, Ambil Waktu Istirahat untuk
Recharge Tenaga. Tubuh yang sehat lebih produktif daripada berjam-jam kerja
lembur.
17.
Berpikirlah Dikertas. Tuliskan suatu problem,
kenapa bisa mengganggu, dan tuliskan sebanyak munngkin solusi.
18.
Jangan Jadi Perfeksionis. Tahu kapan waktu
berhenti dan pindah ke tugas yang lain.
19.
Bekerjalah Secara Profesional. Bukan menunggu
suasana hati yang pas.
20.
Bersikaplah Fleksibel. Semua ini hanyalah saran,
bukan aturan baku. Carilah yang paling efektif, yang sesuai dengan keadaan dan
kebutuhan kita.
No comments:
Post a Comment