20 Cara Membuat Waktu Lebih Efektif


membuat waktu efektif
Waktu adalah sumber daya yang tidak dapat di perbarui, tapi pernahkah kita menghitung, berapa banyak waktu  di hambur-hamburkan dalam hidup kita? Hal apa yang kita lakukan ketika waktu luang? Pengguanaan waktu luang yang efektif haruslah sesuai dengan nilai-nilai kehidupan kita, tujuan hidup yang sudah ditetapkan, dan kegiatan spesifik apa yang bisa mendukungnya.

Jadi pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan nilai kehidupan kita, untuk keluarga-kah, karir, penampilan, spiritual, atau apa. Dan nilai-nilai itulah yang akan menjadi identitas kita sebagai manusia. Selanjutnya tujuan apa yang akan di capai dalam hidup dalam waktu dekat, menengah dan jangka panjang. Yang penting apapun tujuan yang sudah ditetapkan, tidak bertolak belakang dengan nilai-nilai kehidupan kita. Seseorang yang menetapkan nilai kehidupan sebagai Abdi Negara, tentu tujuan hidupnya pasti sejalan dengan itu.

Sekarang, setelah tujuan sudah dipilih cobalah pikirkan, kegiatan di waktu luang apa yang akan kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Haruslah yang bisa membantu kita untuk mencapai tujuan tersebut. Setelah kita mengenali kegiatan apa saja yang akan dilakukan, tantangannya adalah menerapkan teori yag optimistis ini dalam kehidupan nyata. Saran-saran berikut mungkin bisa membantu.

1.       Buatlah Daftar Tugas Harian. Susunlah tugas-tugas secara berurutan . tandai yang patut di beri lebih banyak waktu, conteng yang sudah selesai. Pindahkan tugas yang belum selesai ke daftar tugas besok.
2.       Sinkronkan Kalender. Jangan sampai melupakan janji gara-gara kita mencatatnya di kalender satunya lagi. Terutama bagi yang memiliki banyak gadget, pastikan janji yang sudah di catat di gadget yang satu harus ada juga di gadget kita yang lain, hal ini dilakukan untuk jaga-jaga tertinggal.
3.       Tuliskan Rencana Kerja. Yang mencakup langkah yang diperlukan untuk mengerjakan suatu proyek, dan susunlah dengan urutan yang benar.
4.       Umumnya, Dahulukan Tugas Yang Penting. Karena akan lebih mudah mencari  waktu untuk hal-hal yang kurang penting.
5.       Tetapkan Tujuan Yang Mudah di Kendalikan. Yang paling penting realistis.
6.       Harus Diakui Bahwa Mustahil Punya Waktu Untuk Segalanya. Utamakan kegiatan yang membuahkan hasil terpenting. Sedangkan tugas yang mendesak atau sekedar harus di lakukan, kalau kita tidak bisa menghapusnya, maka delegasikan tugas itu. Alokasikan sebanyak mungkin waktu untuk kegiatan yang benar-benar bermanfaat untuk tujuan yang sudah ditetapkan.
7.       Buatlah Jurnal Waktu. Tujuannya untuk mengetahui kemana saja waktu kita. Singkirkan kegiatan yang tanpa di sadari memboroskan waktu.
8.       Buatlah Jadwal Yang Tidak Terlalu Padat. Jika kita membuat jadwal belanja makanan, memasak, memperbaiki mobil, mengundang tamu, dan menonton film dalam satu hari, dan kita merasa dikejar-kejar, sudah pasti kita tidak dapat menikmati apa-apa.
9.       Kurangi Gangguan.Tandai waktu yang tidak boleh diganggu, kalau bisa matikan telepon dan perangkat elektronik yang lain.
10.   Jadwalkan Pekerjaan Tersulit Pada Jam-Jam Yang Paling Energik dan Tanggap.
11.   Lakukan Tugas Yang Tidak Menyenangkan Sesegera Mungkin. Karena ketika tugas itu beres, kita akan lebih bersemangat mengerjakan tugas yang lain.
12.   Sisihkan Waktu Untuk Hal Yang Tidak Terduga. Kalau kita yakin akan menghadiri janji dalam 15 menit, tambahkanlah menjadi 25 menit. Dalam satu hari, jadwakan waktu kosong.
13.   Manfaatkan Waktu Transisi. Dengarkan berita atau music sembari bercukur. Membaca pada saat menunggu.
14.   Tetapkan Aturan 80/20. Apakah sekitar 2 dari 10 daftar tugas kita merupakan yang paling penting? Bisakah pekerjaan di anggap selesai ketika hanya menyelesaikan aspek-aspek yang paling penting saja
15.   Jika Merasa Kewalahan, tuliskan setiap tugas di lembaran kecil, lalu di bagi dua kelompok, hari ini, dan besok. Lakukan hal yang sama esok hari.
16.   Secara Berkala, Ambil Waktu Istirahat untuk Recharge Tenaga. Tubuh yang sehat lebih produktif daripada berjam-jam kerja lembur.
17.   Berpikirlah Dikertas. Tuliskan suatu problem, kenapa bisa mengganggu, dan tuliskan sebanyak munngkin solusi.
18.   Jangan Jadi Perfeksionis. Tahu kapan waktu berhenti dan pindah ke tugas yang lain.
19.   Bekerjalah Secara Profesional. Bukan menunggu suasana hati yang pas.
20.   Bersikaplah Fleksibel. Semua ini hanyalah saran, bukan aturan baku. Carilah yang paling efektif, yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan kita.

No comments:

Post a Comment