Ada 10 kesalahan
yang sering dilakukan pengusaha dalam memasarkan produknya. Simak baik-baik,
agar tidak ikut terjebak.
1.
Tidak punya cara pemasaran unik. Untuk itu, Anda
harus memikirkan kenapa orang harus memilih produk Anda, pelayanan purna jual,
harga kompetitif, dan apapun yang membuat konsumen Anda tertarik membeli.
2. Lebih menekankan keunggulan produk ketimbang
cara pemakaiannya. Padahal orang lebih memilih produk yang menyertakan
keterangan yang jelas tentang cara penggunaannya.
3.
Tidak memakai judul pada iklannya. Seperti pada
artikel Koran atau majalah, judul yang baik akan menarik perhatian dan
menggiring orang untuk membacanya.
4.
Tidak menguji efektifitas iklan, harga, kemasan
produk, dll. Dari mana Anda tahu produk yang ditawarkan menarik bagi konsumen, kalau
tidak mengujinya. Lakukan uji pasar, sebelum melempar produk ke pasar.
5.
Menciptakan kondisi yang membuat orang sulit
berbisnis dengan Anda. Apakah telepon ke kantor Anda mudah dihubungi, atau
operatornya ramah atau tidak? Apakah konsumen dengan mudah mencari barang yang
dibutuhkan? Cobalah sekali-kali tempatkan diri sebagai konsumen.
6.
Tidak bisa memahami kebutuhan pelanggan. Apa
yang paling pentinng buat mereka? Bukan harga yang murah, tapi pelayanan yang
cepat dan memuaskan. Bagaimana mengetahuinya? Caranya dengan bertanya langsung
kepada mereka.
7.
Tidak meng-update data pelanggan. Daftar
pelanggan adalah harta karun Anda. Daripada mati-matian membawa pelanggan baru,
akan lebih mudah merawat dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan lama.
Kontak terus mereka, tanyakan apa saja yang membuat mereka suka atau tidak suka
berbisnis dengan Anda.
8.
Tidak berusaha memperkecil resiko. Kenali apa
yang membuat konsumen tidak mau membeli produk Anda. Beri mereka pertimbangan
untuk mempermudah membuat keputusan untuk membeli. Perkecil resiko yang akan
mereka tanggung. Bila takut rugi, cobalah dalam waktu sebulan.
9.
Tidak mendidik konsumen. Jangan hanya bilang
bahwa produk atau jasa Anda lebih baik, tapi harus dijelaskan mengapa. Buatlah
pelanggan benar-benar percaya pada produk yang ditawarkan. Kualitas, pelayanan,
dan harga yang kompetitif tidak menjamin apa-apa, karena setiap pengusaha
selalu menawarkan ini.
10.
Cepat puas. Bila berhasil menjaring pelanggan,
pertahankan sampai Anda menemukan cara lain yang lebih baik. Walau anda tidak
suka, tak ada salahnya mengganti kemasan
atau iklan yang terbukti disukai konsumen.
No comments:
Post a Comment