10 Kesalahan Dalam Memasarkan


kesalahan memasarkan
Ada 10 kesalahan yang sering dilakukan pengusaha dalam memasarkan produknya. Simak baik-baik, agar tidak ikut terjebak.

1.       Tidak punya cara pemasaran unik. Untuk itu, Anda harus memikirkan kenapa orang harus memilih produk Anda, pelayanan purna jual, harga kompetitif, dan apapun yang membuat konsumen Anda tertarik membeli.

2. Lebih menekankan keunggulan produk ketimbang cara pemakaiannya. Padahal orang lebih memilih produk yang menyertakan keterangan yang jelas tentang cara penggunaannya.

3.       Tidak memakai judul pada iklannya. Seperti pada artikel Koran atau majalah, judul yang baik akan menarik perhatian dan menggiring orang untuk membacanya.

4.       Tidak menguji efektifitas iklan, harga, kemasan produk, dll. Dari mana Anda tahu produk yang ditawarkan menarik bagi konsumen, kalau tidak mengujinya. Lakukan uji pasar, sebelum melempar produk ke pasar.

5.       Menciptakan kondisi yang membuat orang sulit berbisnis dengan Anda. Apakah telepon ke kantor Anda mudah dihubungi, atau operatornya ramah atau tidak? Apakah konsumen dengan mudah mencari barang yang dibutuhkan? Cobalah sekali-kali tempatkan diri sebagai konsumen.

6.       Tidak bisa memahami kebutuhan pelanggan. Apa yang paling pentinng buat mereka? Bukan harga yang murah, tapi pelayanan yang cepat dan memuaskan. Bagaimana mengetahuinya? Caranya dengan bertanya langsung kepada mereka.

7.       Tidak meng-update data pelanggan. Daftar pelanggan adalah harta karun Anda. Daripada mati-matian membawa pelanggan baru, akan lebih mudah merawat dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan lama. Kontak terus mereka, tanyakan apa saja yang membuat mereka suka atau tidak suka berbisnis dengan Anda.

8.       Tidak berusaha memperkecil resiko. Kenali apa yang membuat konsumen tidak mau membeli produk Anda. Beri mereka pertimbangan untuk mempermudah membuat keputusan untuk membeli. Perkecil resiko yang akan mereka tanggung. Bila takut rugi, cobalah dalam waktu sebulan.

9.       Tidak mendidik konsumen. Jangan hanya bilang bahwa produk atau jasa Anda lebih baik, tapi harus dijelaskan mengapa. Buatlah pelanggan benar-benar percaya pada produk yang ditawarkan. Kualitas, pelayanan, dan harga yang kompetitif tidak menjamin apa-apa, karena setiap pengusaha selalu menawarkan ini.

10.   Cepat puas. Bila berhasil menjaring pelanggan, pertahankan sampai Anda menemukan cara lain yang lebih baik. Walau anda tidak suka, tak  ada salahnya mengganti kemasan atau iklan yang terbukti disukai konsumen.


No comments:

Post a Comment