3 Potensi Yang Dimiliki Manusia


potensi manusia
Manusia memiliki potensi diri untuk meraih sukses yang didambakannya. Sukses sejati tidak hanya diukur melalui pencapaian materi, akan tetapi lebih kepada seberapa besar peranan kita untuk manusia dan alam ini. Karena potensi besar yang dimiliki oleh manusia, rasanya amat kerdil kalau tujuan sukses itu ukurannya hanya pribadi dan keluarga saja. Setidaknya ada tiga potensi manusia yang jika dimaksimalkan akan menghantar kita menjadi manusia sejati, manusia yang menjadi berkat untuk alam ini, ketiga tersebut adalah:



1.       Body (Tubuh/ Fisik)
Tuhan mencptakan tubuh manusia dengan struktur organ yang rumit dan canggih. Semua organ saling berkordinasi untuk memainkan peran masing-masing, dengan kordinasi yang penuh ketaatan sehingga  menimbulkan gerak dinamis yang indah dan utuh. Ada beberapa fakta tentang manusia sebagai mahluk yang mutakhir, diantaranya:
-          Dari sejak awal manusia ada di bumi ini, di perkirakan ada lebih dari 90 miliar manusia telah lahir ke dunia ini. Namun dari sekian banyaknya manusia tersebut, tidak ada satupun memiliki fisik yang sama, contohnya; sidik jari.
-          Tubuh kita melaksanakan denyut jantung 100.000 kali perhari, coba hitung berapa kali seminggu, sebulan, atau sepanjang umur kita.
-          Panjang pembuluh darah manusia apabila disambungkan kurang lebih 100.000 km.
-          Mata kita membedakan 10 juta warna. Dan masih banyak lagi yang lain.


2.       Mind (Akal)
Akal pikir manusia yang secara fisik ada dalam struktur otak memiliki dua karakter dan fungsi yang berbeda, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Untuk pembahasan dua fungsi ini akan di bahas secara khusus nanti. Namun secara sederhana bisa di deskripsikan sebagai berikut:
-          Seluruh mekanisme tubuh di koordinasi dan di kendalikan oleh otak.
-          Sel-selotak memiliki kemampuan yang lebih tinggi dari pada komputer pribadi standar.
-          Untuk membuat robot yang bisa melakukan segala sesuatu yang bisa dilakukan oleh manusia, dibutuhkan biaya 2 milliar USD. Jadi kita sangat mahal sekali!

3.       Spiritual
Potensi spiritual yang dimiliki manusia, bisa di ibaratkan seperti potongan puzzle yang bisa menjadikan manusia menjadi mahluk paripurna. Spiritual adalah cara manusia berhubungan dengan penciptanya, sehingga apabila hubungan terjalin dengan baik akan terwujud manusia universal yang berbudi pekerti luhur. Di zaman yang menjadikan materi sebagai tolak ukur, potongan puzzle ini seakan-akan hilang, sehinngga banyak sukses materi yang dicapai dengan cara-cara biadab, contohnya koruptor. Spiritualitas harus dilatih dan di bina secara terus menerus, agar bisa terwujud manusia sejati yang utuh. 

No comments:

Post a Comment