3 Sifat Dominan Pada Manusia

sifat dominan manusia
Ada 3 tipe orang yang dominan dan bisa terlihat langsung ketika diajak berbicara. Mengetahui tipe ini penting  untuk mengenal sifat/ karakter lawan bicara sedari dini, apalagi kalau pekerjaan kita menuntut untuk berhubungan dengan banyak orang. Bahkan ini bisa juga dijadikan acuan dalam mengenal atasan ataupun bawahan kita secara lebih dalam. Langsung saja ketiga tersebut adalah:
   
Orang Visual (Dominasi Penglihatan)

Tipe orang ini, umumnya senang akan barang-barang bagus, hal-hal yang indah, serasi dan terpadu. Sangat senang jalan-jalan, shopping, makan diluar, cepat dalam bergerak/ gesit, rapi dalam berpakaian juga dalam hal pekerjaan dikantor, maupun di rumah. Sekalipun dalam kesederhanaan dia ingin menata lingkungan pribadinya dengan rapi. Dalam hal memilih kekasih, orang tipe ini mengutamakan yang tampan atau cantik. Ciri orang ini ketika di ajak bicara, dia selalu melirik ke atas.

Orang Auditori (Dominasi Pendengaran)

Pada umumnya suka ngobrol dan senang berbicara untuk waktu yang lama, demikian juga berbicara di telepon bisa dalam waktu yang lama. Senang pujian ikhlas, baik ditujukan untuk dirinya sendiri maupun sebaliknya. Mudah diajak berteman karena ada saja bahan pembicaraan (tidak kaku), dan senang pula diajak ngobrol dari hati ke hati (curhat), bahkan terkadang menjurus ke gossip dan menjadi cerewet. Orang tipe ini cirinya ketika diajak bicara lirikannya mendatar.

Orang Kinestetik (Dominasi Perasaan)

Pada umumnya orang tipe ini berperasaan halus, bersikap manja, senang bersentuhan badan atau berpelukan, senang akan hal-hal romantik. Tidak mengherankan pula kalau orang ini mudah sedih dan menangis karena perasaannya peka. Kadang-kadang diejek sebagai orang yang loyo atau kurang semangat, padahal sebetulnya gerak-geriknya memang halus dan lemah gemulai. Idamannya tidak perlu cantik atau tampan, tapi kasih saying adalah hal utama. Orang tipe ini ketika diajak bicara selalu melihat ke bawah.

Untuk mengetahui apakah seseorang itu Visual, Auditoria tau Kinestetik bisa juga diketahui melalui pemilihan kata-katanya ketika ada sesuatu yang tidak beres terjadi, berikut adalah reaksi dari mereka:
Visual                   : “Kelihatannya ada yang tidak beres!”
Auditori               : “Kedengarannya ada yang tidak beres!”
Kinestetik           : “Perasaan saya mengatakan ada yang tidak beres!”

No comments:

Post a Comment