12 Kunci Memiliki Usaha Sukses


kunci sukses
Ada beberapa hal yang harus diketahui untuk bisa sukses dalam usaha. William A. Ward pernah berkata, ada empat langkah menuju sukses, yakni perencanaan yang tepat, persiapan yang matang, pelaksanaan yang baik, dan tidak mudah menyerah.

Ada beberapa kunci untuk menjadi pengusaha sukses, dan falsafah dibawah ini mungkin bisa Anda praktekkan:


1.       Ikuti perkembangan zaman. Bergabunglah dengan perkumpulan yang sesuai dengan bisnis yang sedang digeluti. Banyak membaca dan menggali informasi, untuk hal ini internet sangat membantu.
2.       Buat rencana keuangan. Catat semua pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Buat target jangka pendek dan jangka panjang. Jangan pernah menyerahkan kondisi keuangan pada nasib, perhitungkan dengan matang.
3.       Perkirakan aliran uang tunai. Aliran uang tunai harus bisa diperkirakan, paling tidak tiga bulan kedepan.  Jangan membuat anggaran yang lebih besar dari itu.
4.       Bentuk dewan penasehat atau cari tenaga ahli, untuk memberi ide, saran dan kritik terhadap produk yang ditawarkan. Mereka bisa teman-teman atau anggota keluarga yang bisa dipercaya.
5.       Jaga keseimbangan antara kerja, santai, dan keluarga. Tak perlu ngoyo, karena sesuatu yang dikerjakan secara ngoyo hasilnya tidak maksimal. Lagipula, badan dan otak butuh istirahat.
6.       Kembangkan jaringan (network). Tak ada salahnya berkenalan dan bergaul dengan orang-orang yang berhubungan dengan bisnis Anda. Siapa tahu ada yang bisa di gali.
7.       Aspek/ Motivasi. Aspek terberat dalam menjalankan usaha sendiri adalah disiplin atau motivasi untuk bekerja secara teratur. Untuk mengatasinya, buatlah agenda untuk hari ini dan esok. Tentukan target yang harus di capai dalam minggu ini.
8.       Selalu waspada dan siap. Rajin-rajin melakukan evaluasi terhadap pasar, produk dan system pemasaran. Kalau perlu ubah cara kerja agar lebih efisien. Perbaiki cara pemasaran atau kualitas produk.
9.       Cintai pekerjaan Anda. Tidak mungkin akan sukses, kalau tidak memiliki sense of belongin pada pekerjaan dan produk  yang dihasilkan.
10.   Jangan mudah menyerah. Para pengusaha sukses pun pernah mengalami kegagalan. Jika ingin cepat berhasil, segeralah bangkit dan belajar dari kegagalan. Jangan bersedih terlalu lama, apalagi menyerah.
11.   Lakukan investasi untuk meningkatkan cash flow.
12.   Jangan lupa disisihkan sebagian untuk mereka yang membutuhkan pertolongan dalam hal keuangan.

No comments:

Post a Comment