10 Langkah Menjadi Pengusaha Sukses

langkah sukses
Banyak orang niat dan berminat untuk menjadi pengusaha namun hanya sedikit yang sukses mewujudkannya, dengan berbagai penyebab dan alasannya. Selaras dengan peribahasa “dimana ada kemauan disitu ada jalan”, itulah yang sepatutnya menjadi modal utama “kemauan”.  Namun kemauan juga perlu didukung oleh factor lain sehingga bisa menunjang kesuksesan.

Maka jika ingin menjadi pengusaha, telusurilah jalan menjadi pengusaha terbaik. Berikut 10 langkah menjadi pengusaha sukses.

1.       Mulailah dari mimpi dan imajinasi
Dengan mimpi dan keyakinanlah seharusnya produk-produk kita ditawarkan. Hanya seorang pemimpi yang mampu menciptakan dan membuat terobosan dalam produk, cara pelayanan, jasa. Dengan mimpi, tidak ada keterbatasan dan kata tidak mungkin sehingga bisa berkreasi tanpa batas.

2.       Mencintai produk atau servis yang ditawarkan
Mencintai produk yang ditawarkan akan menjadikan pekerjaan kita lebih menyenangkan. Dan karena kita mencintai produk, akan lebih mudah meyakinkan pelanggan.
3.       Antusiasme dan keuletan
Antusiasme dan keuletan adalah pertanda cinta dan keyakinan. Sikap malas dan ogah-ogahan hanya akan membuat usaha kita tertinggal
4.       Pelajari dasar-dasar bisnis
Pengetahuan adalah kunci keberhasilan, tidak aka nada sukses tanpa pengetahuan. Belajar dengan orag-orang yang telah sukses akan membantu dan memotivasi kita ketika melewati masa-masa sulit.
5.       Berani mengambil resiko
Harus di ingat hasil yang di capai akan proporsional dengan resiko yang di ambil. Sebuah resiko yang diperhitungkan akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil.
6.       Mencari masukan dan nasehat tanpa mengabaikan kata hati
Seorang pengusaha selalu mencari nasehat, saran, dan kritik dari berbagai pihak. Tapi keputusan terakhir ada di tangan pengusaha itu sendiri, apabila sudah terlatih, kita akan tahu pilihan mana yang paling baik untuk bisnis kita.
7.       Lakukan komunikasi dengan baik
Kemampuan untuk memahami dan menguasai hubungan dengan pelanggan akan sangat membantu mengembangkan usaha. Kepiawaian menjual adalah kunci sukses memasarkan produk.
8.       Kerja keras
Entrepreneur sejati tidak pernah lepas dari kerja keras. Pada saat tidurpun otaknya bekerja dan berpikir akan peluang bisnis yang baik. Ciri-ciri mereka tak kenal lelah dan putus asa.
9.       Menjalin relasi
Tidak ada pebisnis manapun yang mampu berjalan sendiri. Peran teman, mitra, pelanggan, klien akan sangat membantu terhadap perkembangan bisnis. Dari mereka akan di dapat saran, kritik, dan masukan, atau bahkan bantuan di masa-masa sulit. Maka seorang pebisnis dituntut pandai bergaul, dan menjalin relasi seluas-luasnya.
10.   Berani menghadapi kegagalan
Inilah mental yang harus di miliki oleh pengusaha. Kegagalan bukan berarti tidak berhasil, tapi justru upaya kita semakin mendekati keberhasilan. Karena tidak ada kegagalan kalau kita tidak melakukan apa-apa.

Setelah mengetahui itu semua tidak ada kata lain selain lakukan!! Karena banyak orang yang berencana, tetapi tidak melakukan apapun.

No comments:

Post a Comment